4 Cara Menjaga Pola Hidup Sehat

 4 Cara Menjaga Pola Hidup Sehat - Haigeek.my.id

Haigeek.my.id – Agar kita selalu sehat maka kita harus selalu menjaga pola hidup sehat. Seperti apa pola hidup sehat itu? Mari kita bahas bersama-sama. Sebelum nya saya harap kalian para pembaca blog Haigeek ini dalam keadaan sehat-sehat saja, karena sebagai remaja itu kalian harus selalu menjaga kesehatan. Jangan pernah beranggapan bahwa penyakit akan datang hanya pada usia tua saja. Nah ini merupakan pemikiran yang salah ya, karena penyakit tidak memandang siapa dan berapapun usia kalian dan maka dari itu kalian harus membiasakan diri menerapkan pola hidup sehat sejak dini. Seperti peribahasa yaitu lebih baik mencegah daripada mengobati.

Apa Itu Pola Hidup Sehat?

Pola hidup sehat adalah gaya hidup yang mempengaruhi kesehatan seperti pola makan, pola istirahat, kebersihan, dan olahraga dalam kehidupan sehari-hari. Cara nya dengan menerapkan pedoman gizi seimbang. Sebelumnya saya akan memberikan kalian beberapa bocoran, Bagaimana bisa menerapkan pola hidup sehat kalian bisa tumbuh kuat, tidak mudah sakit, dan juga cerdas.

1. Pola Makan

Hal pertama yang sangat mempengaruhi pola hidup sehat yaitu Pola Makan. Bisa dibilang seperti “You are, what you eat”, jadi apa yang kamu makan itu adalah cerminan diri kamu. Jika kamu rajin memakan makanan bergizi maka kalian akan menjadi sehat, sebalikanya jika kalian malas memakan makanan bergizi maka kalian akan sering sakit. Sesimple itulah sebenarnya pola makan yang benar, yang sulit itu adalah mengubah kebiasaannya.

Sebagaimana kita tahu bahwa banyak orang cenderung tidak tahu bahkan tidak memperhatikan pola makannya, mereka masih sering memakan makanan yang tidak bergizi seimbang seperti Junkfood atau makanan tinggi gula, garam, dan lemak namun rendah vitamin dan serat

Jika makanan tersebut sering di konsumsi dalam jumlah banyak dapat meningkatkan resiko kelebihan berat badan (obesitas) dan penyakit tidak menular yaitu seperti Hipertensi, Stroke, Penyakit Jantung, Kanker, dan Diabetes. Maka dari itu, menerapkan pola makan yang sesuai dengan pedoman gizi seimbang.

“Makanlah makanan beraneka ragam dalam jumlah dan proporsi yang sesuai dengan kebutuhan”

2. Menjaga Kebersihan Diri dan Lingkungan

Pada pedoman gizi seimbang pilar kedua, kalian harus menjaga kebersihan diri dan lingkungan agar bisa terhindar dari penyakit-penyakit infeksi yaitu dengan cara mencuci tangan menggunakan sabun dengan air yang mengalir hingga bersih dan juga selalu pakai alas kaki (sandal, sepatu) agar tidak terkena penyakit cacingan.

Selain itu, kalian juga harus berperan aktif untuk menjaga lingkungan, contohnya yaitu membuang sampah pada tempatnya.

3. Tidur 6 Sampai 8 Jam Sehari

Kalian sering begadang? Kebiasaan tidur larut malam atau biasa disebut begadang dapat menyebabkan kita kurang tidur dan hal itu sangat tidak baik untuk kesehatan terutama pada remaja seperti kalian, karena proses pertumbuhan terjadi saat kita sedang tertidur. Oleh karena itu remaja memerlukan waktu tidur 6 hingga 8 jam dalam sehari agar dapat tumbuh optimal dan meregenerasi sel-sel yang telah rusak.

Maka dari itu, usahakan selalu menambahkan waktu tidur yang cukup dan menghindari kebiasaan tidur yang larut malah atau begadang agar tubuh selalu sehat dan segar bugar.

Oh ya, selain tidur, tubuh juga memerlukan aktifitas lain yang tidak membuat stress dan pastinya membuat kita segar kembali. Misalnya jalan bersama keluarga, Hangout bersama teman-teman, atau melakukan hobi yang kalian sukai.

4. Olahraga

Kalian harus rajin ber-olahraga agar kesehatan kalian tetap terjaga. Minimal lakukanlah olahraga 150 menit dalam waktu seminggu.

Bagaimana cara nya agar kita dapat mencapai 150 menit dalam waktu seminggu tersebut? Kalian dapat melakukan olahraga 3x dalam seminggu dengan durasi 50menit setiap kali melakukan olahraga atau 5x dalam seminggu dengan durasi 30menit dalam sekali berolahraga.

Olahraga ini bermacam-macam, kalian dapat melakukan beberapa olahraga seperti:
  • Bersepeda
  • Berenang
  • Futsal
  • Badminton
  • Lari / Joging

Nah, jika kalian merasa malas keluar rumah karena takut terkena panas, ternyata kalian dapat berolahraga dirumah juga loh. Contohnya yaitu:
  • Sit Up
  • Push Up
  • Naik dan Turun Tangga
  • Lompat Tali

Tidak hanya menjaga kesehatan dan kebugaran ternyata olahraga juga memiliki beberapa manfaat diantaranya yaitu kalian dapat berumur panjang, menurunkan resiku penyakit, meningkatkan kepadatan tulang, dan mempertahankan berat badan normal.

Nah sob, jikakalian menerapkan pola hidup sehat dengan menjaga pola makan bergizi seimbang, istirahat yang cukup, menjaga kebersihan diri dan lingkungan, serta berolahraga secara teratur, maka dapat memberikan manfaat yang sangat baik bagi kesehatan diri kalian.

Apa Saja Manfaat Melakukan Pola Hidup Sehat?

  1. Meningkatkan daya tahan tubuh sehingga mencegah berbagai macam penyakit.
  2. Membuat pikiran lebih fresh dan tubuh lebih fit.
  3. Membuat tidur kalian lebih berkualitas.
  4. Membuat penampilan kalian menjadi lebih segar dan menarik sehingga meningkatkan rasa percaya diri dan lebih produktif dalam beraktifitas.

Berbagai manfaat ini dan bahkan tidak dirasakan hanya saat ini akan tetapi hingga masa mendatang asalkan dilakukan secara teratur.

Sampai disini penjelasan saya tendang 4 Cara Menjaga Pola Hidup Sehat agar kalian dapat cerdas dan berprestasi. Jika kalian menyukai artikel ini silahkan di bagikan kepada sosial media kalian agar teman-teman kalian juga daman menjaga pola hidup sehat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Persiapan Seorang Wanita Sebelum Menikah