Tips Menghindari Perselisihan Saat Menjelang Pernikahan

Tips Menghindari Perselisihan Saat Menjelang Pernikahan - Haigeek Indonesia

Haigeek Indonesia – Hai hai para pembaca setia. Tahukan kalian bahwa 96% pasangan dari pasangan yang sedang bersiap-siap melangsungkan pernikahan itu ternyata mengalami stress yang berkepanjangan lho. Salah satu dari penyebabnya adalah yaitu Perselisihan.

Nah, pada artikel kali ini saya akan membahas Tips Menghindari Perselisihan Saat Menjelang Pernikahan. Dan jika kalian ingin sukses dalam menjelang pernikahan, tentunya kalian harus membaca arikel ini dengan baik sampai selesai agar kalian mengerti setiap point penting dari tips yang saya berikan kali ini. Simak baik-baik ya.


Tips Mengurangi Perselisihan Terhadap Pasangan

Memang untuk masalah ini agak-agak sulit untuk di hindari karena yang namanya pernikahan itu pastinya melibatkan kedua orang tua, keluarga besar, dan itu adalah yang namanya pernikahan di negara Indonesia.

Berbeda dengan di luar negeri, sebenarnya kita hanya perlu mendiskusikan nya saja secara terbuka dan jelas sejak awal kemudian expectation (harapan) dan keinginan kalian kepada mereka harus di beritahukan agar ada kesamaan visi dan misi dari semua pihak yang ada. Ada juga tips-tips selanjutnya yaitu

Jangan Merasa Paling Benar Saat Berdebat

Tips selanjutnya yaitu jangan pernah kamu merasa paling benar ketika terjadi perdebatan, karena biasanya ketika suatu perdebatan itu terjadi seseorang itu berfikir untuk mempertahankan diri mereka masing-masing.

Dan itu dia terkadang kalian dan pasangan kalian itu merasa paling benar satu sama lain ketika perselisihan itu datang. Jika misalnya ingin sama-sama memenangkan perdebatan, itu bukanlah solusi yang terbaik. Jadi sebisa mungkin kalian berfikir jernih dan hindari hal untuk saling keras kepala ya.

Mendengarkan Opini Pasangan dan Orang Lain

Dan tidak ada salahnya kalian mendengarkan Opini dari pasangan kalian maupun dari pihak lainnya. Dan dijamin ini adalah tips yang paling manjur dalam mengatasi konflik yang muncul ketika menjelang pernikahan.

Belajar Mengontrol Ego Masing-Masing

Yang ketiga adalah belajar untuk mengontrol ego dalam diri kalian masing-masing. Kita tahu bahwa perbedaan karakter dan perbedaan sifat itu pasti membuat kalian berbeda pemikiran dalam memandang sesuatu hal.

Dan hal-hal kecil seperti ini yang dapat membuat mood kalian jadi rusak dalam mempersiapkan acara pernikahan padahal masalahnya bukan yang besar-besar, biasanya hanya pelintiran-pelintiran masalah kecil dan yang nantinya dapat menggunung dan menggunung menjadi masalah besar dan langsung meledak.

Dan jika hal ini sudah terjadi maka salah satu dari kalian harus ada yang mengalah ya. Kalian tidak perlu merasa salah untuk mengalah, kalian mengalah saja untuk kebaikan bersama.

Membahas Harapan Bersama Untuk Kedepannya

Kalian harus mencoba membahas harapan-harapan kalian bagaimana untuk kedepannya bersama pasangan kalian. Biasanya harapan itu terbentuk dari dan dalam lingkungan tempat kamu beranjak dewasa yaitu keluarga.

Tapi disisi lain, keluarga pasangan biasanya sangat berbeda dengan kaluarga kalian lho tapi tidak semua nya seperti itu juga. Seperti beda Culture, Pola Hidupnya, Visi dan Misinya.

Misalnya, jika dirumah kalian biasanya seorang ayah akan membantu kalian mencuci piring maka bukan berarti nantinya suami kalian juga harus seperti itu juga. Atau juga seperti ibu kalian mengurus rumah dengan baik bukan berarti istri kalian juga harus melakukan hal yang sama.

Jadi kalian harus membahasnya dan mengkondisikan nya secara baik-baik bersama pasangan kalian ya.

Belajar Mengatasi Konflik

Selanjutnya kalian harus belajar untuk dapat mengatasi konflik yang terjadi menjelang pernikahan. Banyak lho pasangan-pasangan muda percaya bahwa pernikahan yang bahagia itu adalah yang tidak memiliki konflik atau masalah.

Padahal seperti yang kita tahu bahwa hal itu sangatlah tidak mungkin karena disetiap rumah tangga akan selalu ada konflik atau masalah yang terjadi seperti yang namanya perbedaan pendapat itu biasanya tidak dapat untuk di hindari lho.

Dan pernikahan yang sehat itu adalah pernikahan yang dimana kedua belah pasangan ini sudah Belajar untuk Menyelesaikan Konflik.

Cara Menyelesaikan Konflik itu sebenarnya mudah saja, yaitu:
  1. Komunikasi
  2. Negosiasi
  3. Kompromi
  4. Pengorbanan
Pengorbanan sepertinya terlihat berat ya, akan tetapi bila kita mencobanya tidak ada salahnya dan tentunya konflik ini harus di selesaikan agar suatu hubungan dapat tetap bertahan hidup. Ingat! Kalian harus bisa menghadapi dan menyelesaikan sebuah konflik bukannya lari dari konflik.

Dan ingat juga untuk kalian calon suami, calon istri, dan tentunya calon parents jangan sampai kalian stress ketika menghadapi pernikahan karena yang namanya stress menjelang pernikahan itu dapat menyebabkan renggangnya hubungan percintaan kalian lho.

Dan kalian tahu gak sih, moment menjelang pernikahan ini sebenarnya ajang untuk menguji kekompakan dan kecocokan kalian berdua. Jadi jika misalnya ada perpecahan sedikit itu tidak apa-apa karena hal yang wajar karena perbedaan pendapat akan tetapi jangan sampai berpisah dan kalo misalnya kalian dan pasangan kalian sudah terlanjur emosi wajar saja yang namanya mau nikah itu biasanya banyak masalah dan banyak pikiran juga.

Menjaga Nada Bicara Saat Berdiskusi

Nah, yang terakhir nih tips nya adalah untuk mempertahankan suatu hubungan menjelang pernikahan karena suka berselisih itu jika misalnya kita marah maka kita akan naik nada nya. Sebaiknya kalian menjaga tones nada kalian.

Menjaga nada ketika kita sedang berdiskusi karena itu dia, mungkin kita semangat dalam mengungkapkan suatu hal dan nada kita agak naik akan tetapi belum tentu nanti disisi pihak yang satunya bisa menerima nada itu dengan baik. Misalnya seperti emosi dan sensitif kepada nada yang tinggu itu juga akan menjadi godaan nomor 1 lho dalam perselisihan.

Jika keduanya sudah naik emosinya dan semakin memanas, cobalah untuk sebisa mungkin turunkan nada bicara ketika konflik permasalahan itu terjadi. Jika misalnya memang kalian berdua sudah sangat saling kesal, cara mengatasinya yaitu berdiam sejenak dan tarik nafas dalam-dalam dan hembuskan kemudian ingat-ingat lah masa-masa kalian pacaran dan saling berjuang bersama-sama untuk mencapai titik ini dan ketika impian kalian kedepannya nanti itu bakal hadir di depan mata kalian, apakah kalian mau merusaknya begitu saja? Tidak kan.


Jika kalian mempunyai tips-tips lainnya yang seru untuk Mengurangi Perselisihan Menjelang Pernikahan bolehlah kalian tambahkan pada kolom komentar dibawah ini ya. Sampai bertemu lagi pada artikel berikutnya untuk membahas topik-topik yang menarik.

Jika artikel ini bermanfaat untuk kalian, silahkan bagikan ke sosial media kalian ya agar teman-teman kalian juga dapat membaca tips-tips ini dan jangan lupa untuk mengizinkan notifikasi nya agar kalian selalu mendapatkan update artikel dari Haigeek Indonesia. Terimakasih.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Dampak Bahaya Dari Mie Instant